Hallo sahabat blogger, kali ini saya akan berbagai tentang Kiat Sukses Bisnis Online. Di era perkembangan teknologi yang serba canggih ini istilah Bisnis Online memang sudah tidak asing lagi bagi kita semua. Peluang Bisnis Online sangat menjanjikan, namun seiring dengan kemajuan teknologi tersebut membuat pesaing di dunia bisnis online semakin bertambah banyak. Dalam satu hari saja ada ratusan berbagai macam usaha online yang bermunculan. Oleh karena itu anda harus memikirkan bagaimana caranya agar bisa bertahan dan bersaing dalam bisnis online.
Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan beberapa kiat agar bisnis online yang anda jalankan bisa berkembang dan tentunya tidak bergeser dengan pesaing lainnya. Sebenarnya berbisnis online itu memiliki banyak cara/model salah satunya yaitu dengan model B2C. Mengapa memilih B2C? Karena B2C lebih mudah di jalankannya dan lebih sederhana dari pada model lainnya.
B2C (Business to Consumer) merupakan sebuah toko online dengan alamat website (domain) sendiri dimana penjual memiliki stok produk dan menjualnya secara online kepada pembeli. Beberapa contoh toko online di Indonesia ialah Lazada Indonesia dan Tiket.com, yang berfungsi sebagai platform jualan tiket secara online, juga bisa dianggap sebagai toko online. Keuntungan dari dengan model B2C ini anda bisa memiliki bebasan penuh di website tersebut. Anda dapat merubah jenis tampilan sesuka anda dan dapat membuat blog untuk memperkuat SEO toko online anda.
Karakteristik yang paling menonjol dari B2C adalah kemampuannya untuk membuat sebuah direct relationship dengan konsumen tanpa campur tangan pihak perantara, seperti distributor. Kemudian, produk-produk dengan karakteristik seperti apakah yang diperkirakan menghasilkan volume penjualan yang besar di pasar B2C?
Berikut ini adalah beberapa karakteristiknya:
- Harga terjangkau
- Merek terkenal
- Barang-barang terdigitisasi, seperti e-book
- Barang-barang yang cukup sering dicari dalam keseharian (seperti sayur, obat)
- Barang yang tidak dapat ditemukan dengan mudah di toko-toko tradisional.
Kelebihan dari B2C adalah sebagai berikut :
- Konsumen memperlajari produk yang ditawarkan melalui publikasi
- Disebut dengan transaksi pasar
- Meminta agar barang dikirimkan
- Membeli dengan electronic cash & sistem secure payment
Kesuksesan dari B2C pada dasarnya dikarenakan faktor penawaran barang kualitas tinggi dengan harga murah dan banyak pula dikarenakan pemberian layanan kepada konsumen yang cukup baik. Selain itu juga perlu dilakukan Promosi Online untuk memasarkan bisnis online anda melalui situs tertentu seperti website portal usaha dimana disana menyediakan tempat bagi para pelaku usaha (kumpulan usaha-usaha).
Banyak situs penyedia jasa promosi website secara gratis maupun berbayar, namun itus promosi berbayar akan lebih baik hasilnya daripada situs promosi gratisan. Salah satu website portal usaha yang sangat bagus yaitu di www.solomediapromo.com untuk konten di solo raya, jika ingin lebih luas lagi untuk konten se Indonesia bisa bergabung di Ngiklan.co.id .
Jika anda sudah memiliki Bisnis Online dan supaya usaha anda bisa bertahan dan tetap eksis di dunia online maka wajib menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan. Nah istilah tersebut biasa disebut dengan CRM. CRM merupakan strategi yang efektif dari perusahaan untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan agar pelanggan tersebut tidak lari ke pesaing, hal tersebut bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti lewat telepon, email, masukan di situs atau hasil pembicaraan dengan staf sales dan marketing.
Untuk menerapkan CRM memang tidak mudah, itu salah satu bagian yang sulit di perusahaan namun hal itu sangat penting. Maka harus diterapkan CRM dalam bisnis online anda.
Tujuan diterapkan CRM adalah sebagai berikut:
Untuk menerapkan CRM memang tidak mudah, itu salah satu bagian yang sulit di perusahaan namun hal itu sangat penting. Maka harus diterapkan CRM dalam bisnis online anda.
Tujuan diterapkan CRM adalah sebagai berikut:
- Mengembangkan pelanggan yang menguntungkan
- Merubah pelanggan yang belum menguntungkan menjadi menguntungkan
- Mendapatkan pelanggan
- Mengetahui pelanggan
- Mempertahankan pelanggan yang menguntungkan.
No comments:
Post a Comment