Wednesday, March 25, 2015

Suka Duka Belajar Pemrograman

Hallo guys, kali ini saya akan berbagi pengalaman saya tentang Suka Duka Belajar Pemrograman. Menjadi seorang Programer Profesional adalah cita-cita saya. Saat ini saya duduk dibangku kuliah semester 4 dan jurusan yang saya ambil adalah Manajemen Informatika. Saya sangat suka dengan dunia pemrograman. Saya lebih tertarik dengan Aplikasi Web dibandingkan dengan Aplikasi berbasis Dekstop, namun kedua hal tersebut tetap saya pelajari dengan penuh semangat.

Selama saya belajar pemrograman pastinya tidak terlepas dengan berbagai macam permasalahan, yang mungkin teman-teman juga pernah mengalaminya. Dukanya ketika kita sedang membuat program atau dalam proses coding pasti akan menemukan eror atau debug, nah disitulah yang bisa membuat kita pusing bahkan bisa stress. Hanya salah dalam penulisan titik maupun koma saja bisa membuat semuanya berantakan dan membuat kita harus meneliti ulang script tersebut. Kemunculan eror tersebut memaksa kita untuk terus berfikir bagaimana menyelesaikannya, kadang sampai larut malam terus mencoba agar program yang dibuat bisa jalan dan bahkan sampai tidak bisa tidur jika masih ada eror terhadap program yang dibuat.Tetapi jika script/ kode tadi sudah benar dan akhirnya program yang dibuat sudah bisa jalan wah betapa lega dan senangnya dihati karena perjuangannya tidak sia-sia.

Belajar pemrograman juga memacu kita untuk terus belajar menambah ilmu dan mengikuti berbagai macam perkembangan, mengingat teknologi informasi perkembangannya sangat cepat termasuk dalam dunia programmer. Berbagai macam bahasa pemograman sangat perlu dipelajari, berikut diantaranya yang sudah saya pelajari seperti JAVA, PHP, MySQL, VB.Net, Algoritma, Pascal, Basic dll. Selain bahasa pemograman tersebut  bahasa Inggris juga sangat penting karena termasuk bahasa international. Dalam dunia kerjapun bahasa tersebut sangat dibutuhkan terlebih lagi yang berhubungan dengan seorang programmer.

Menjadi seorang programmer memanglah tidak mudah. Butuh keahlian khusus dan kemauan yang keras. Sebuah prestasi yang tidak dimiliki oleh semua orang. Berikut saya akan berbagi tips supaya kita lebih mudah dalam belajar pemograman:

  1. Terus Belajar                                                                                                                                 Dalam belajar pemrograman tidak boleh mudah menyerah, menghadapi berbagai macam permasalan seperti eror maupun debug dengan rasa optimis pasti bisa. Selain bertanya kepada dosen, kita bisa mencari informasi di berbagai sumber seperti dari buku, bertanya kepada teman maupun mencari informasi di Internet, karena di Internet sendiri banyak tutorial-turorial tentang pemrograman. 
  2. Sering Mengikuti Seminar                                                                                                           Mengikuti berbagai seminar juga sangat penting karena bisa menambah pengalaman dan pengetahuan kita, berikut ini ada dokumentasi dari seminar yang pernah saya ikuti:
    belajar pemrograman
  3. Join Di Forum                                                                                                                                 Jika dirasa dari berbagai sumber masih kurang, nah dengan mengikuti forum bisa menjadi alternatif solusinya. Karena di forum kita bisa bertanya dengan master-master yang sudah ahli di bidang pemrograman. Di Indonesia sendiri juga sudah banyak forum-forum di internet yang membahas tentang pemrograman.
  4. Pelajari Bahasa Inggris                                                                                                                 Bahasa Inggris sangat penting, karena di dalam script maupun bahasa komputer menggunkan bahasa ini. Selain itu di dunia kerja juga saat ini sering digunakan apalagi kalau nantinya kita bekerja dengan orang asing.
Demikian Suka Duka Belajar Pemrograman. Semoga Bermanfaat dan Semoga Sukses!

2 comments:

  1. sudah lumayan, cuma templatenya mohon dirapikan lagi..terus foto-foto harusnya konsisten untuk ukurannya

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...