Thursday, March 19, 2015

Pengertian MySQL Basis Data

Hallo sahabat blogger, kali ini saya akan membagikan tentang piranti lunak basis data dan salah satunya adalah pengertian dari MySQL. MySQL sangat penting dalam dunia pemrograman. Berikut penjelasan mengenai piranti lunak basis data:

DEFINISI PIRANTI LUNAK BASIS DATA

MySQL adalah suatu perangkat lunak database relasi (Relation Database Management System/RDMS) seperti halnya Oracle, PostgreSQL, Microsoft SQL. MySQL jangan disama-artikan dengan SQL (Structure Query Language) yang didefinisikan sebagai sintaks perintah-perintah tertentu dalam bahasa (program) yang digunakan untuk mengelola suatu database.
Jadi MySQL dan SQL adalah  dua “makhluk” yang berbeda. Mudahnya MySQL adalah softwarenya dan SQL adalah bahasa perintahnya.
Awalnya MySQL dijalankan pada system operasi Unix dan Linux. Tapi bagi para penggemar windowspun sekarang sudah tersedia MySQL versi windowsnya (silakan hubungi http://www.mysql.com/download/). Mereka yang menggunakan linux (RedHat, Mandrake, dsb) biasanya SQL sudah terinstall secara default. Bila belum bisa iinstall maka dengan mudah dapat menginstalnya menggunakan RPM (Redhat Package Manager), merupakan prosedur instalasi software yang menjadi standart de-facto untuk linux, walaupun anda tidak menggunakan linux RedHat.

MySQL merupakan database yang paling digemari sebagai piranti perangkat lunak yang open source, dengan alasan bahwa program ini merupakan database yang sangat kuat dan cukup stabil untuk digunakan sebagai media penyimpanan data. Sebagai sebuah database Server yang mampu untuk memanajemen database dengan baik, MySQL terhitung merupakan database yang paling digemari dan paling banyak digunakan dibanding database lainnya.

STRUKTUR BASIS DATA
           
Dalam bahasa SQL pada umumnya informasi tersimpan dalam tabel-tabel yang secara logik merupakan struktur dua dimensi terdiri dari baris (row atau record) dan kolom(column atau field). Sedangkan dalam sebuah database dapat terdiri dari beberapa table.

Beberapa tipe data dalam MySQL yang sering dipakai:

Tipe Data
Keterangan
INT(M) [UNSIGNED]
Angka
-2147483648 s/d 2147483647
FLOAT(M,D)
Angka pecahan
DATE
Tanggal
Format : YYYY-MM-DD
DATETIME
Tanggal dan Waktu
Format : YYYY-MM-DD HH:MM:SS
CHAR(M)
String dengan panjang tetap sesuai dengan yang ditentukan.
Panjangnya 1-255 karakter
VARCHAR(M)
String dengan panjang yang berubah-ubah sesuai dengan yang disimpan saat itu.
Panjangnya 1 – 255 karakter
BLOB
Teks dengan panjang maksimum 65535 karakter
LONGBLOB
Teks dengan panjang maksimum 294967295 karakter
Tabel  1. Jenis - jenis tipe data

 PERSIAPAN PIRANTI LUNAK DATABASE OPEN SOURCE

Persiapan piranti lunak database open source adalah :
·         Pastikan dalam PC sudah terinstal sistem operasi windows , linux atau unix
·         Persiapan software : mySQL dan MySQL-front
·         Siap untuk di install

Demikian Pengertian MySQL Basis Data. Semoga Bermanfaat! 

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...