Wednesday, December 31, 2014

Cara Mengkoneksikan Database SQL Server Ke Visual Basic 6.0

cara mengkoneksikan database sql server ke visual basic 6.0


Hallo sahabat blogger, kali ini saya akan membagikan tutorial Cara Mengkoneksikan Database SQL Server Ke Visual Basic 6.0. Kedua hal tersebut sangat penting bagi dunia pemograman. Jika hanya databasenya saja maka sebuah program tidak akan semburnya, dan sebaliknya jika sebuah program tanpa database maka juga tidak akan sempurna pula.
Di visual basic tempat kita untuk membuat form-form di tampilan sebuah program. Form sendiri bisa diartikan sebagai tempat untuk membuat desain Aplikasi yang akan dikembangkan nantinya. Berikut langkah-langkah Cara Mengkoneksikan Database SQL Server Ke Visual Basic 6.0:
  1. Membuat Database dan tabel terlebih dahulu menggunakan SQL Server. Untuk tutorialnya bisa dilihat pada postingan sebelumnya Cara Membuat Database Menggunakan SQL Server
  2. Setelah setelah membuat database kemudian membuat desain form di Visual Basic
  3. Pilih Start > All Programs > Miscrosoft Visual Basic 6.0 > Klik
  4. Pada saat masuk ke tampilan New Project maka pilih VB Enterprise Edition Control Lalu Open. Tampilannya seperti gambar berikut ini:
    cara mengkoneksikan database SQL Server ke Visual Basic 6.0
  5. Membuat Module Koneksi dengan SQL Server 200. Module ini berfungsi untuk memanggil data yang ada pada Database yang ada pada SQL Server 2000. Dimana database yang sudah dibuat sebelumnya diberi nama dengan db_aset_mia. Cara membuat modul adalah klik kanan pada Project1 > Add > Module > Ok.
  6. Kemudian masukan script berikut di Module: 
Public Conn As New ADODB.Connection
Public Rs As New ADODB.Recordset
Public Strconn As String
Public strsql As String
Public no As Integer
Sub KONEKSI()
Strconn = "Provider = SQLOLEDB.1;Integrated Security = SSPI;Persist Security Info=False;Initial Catalog=db_aset_mia"
Conn.CursorLocation = adUseClient
If Conn.State = adStateClosed Then
Conn.Open Strconn
End If
End Sub
7. Sebelum query di atas di eksekusi jangan lupa menambahkan references pada module       tersebut, cara yang dilakukan pilih menu Project > references > lalu centang >                   microsoft activeX data Objects 2.0 Library. Tempilannya seperti gambar dibawah ini:
Cara Mengkoneksikan Database SQL Server ke Visual Basic 6.0

 Demikian tutorial Cara Mengkoneksikan Database SQL Server Ke Visual Basic 6.0. Cukup mudahkan??.Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

                          No comments:

                          Post a Comment

                          Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...